Cara flashing handphone Lenovo Vibe P1 Turbo P1A42 menggunakan QFIL QPST Flash Tool

Cara flashing handphone Lenovo Vibe P1 Turbo P1A42 menggunakan QFIL QPST Flash Tool
Lagi, flashing handphone lagi.
Kali ini alezof punya kesempatan untuk memflashing handphone Lenovo kelas atas, ya smartphone seri P1 P1A42 dari keluarga Vibe dengan nickname Turbo miliknya Lenovo ini termasuk kedalam jajaran smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Lenovo Vibe P1 P1A42 Turbo

Sebenarnya terdapat dua cara dalam memflashing handphone Lenovo Vibe P1 P1A42 Turbo ini yaitu menggunakan QcomDLoader dan QPST Flash Tool.
Tapi dalam artikel ini alezof hanya akan memberikan cara flashing Lenovo Vibe P1 Turbo P1A42 menggunakan QPST Flash Tool, karena apa? Karena tampilan software QPST Flash Tool ini sangat berbeda dari flash tool lainnya dan sebaliknya software QcomDLoader justru tampilannya lebih mirip SPD atau Spreadtrum Downloader untuk chipset Spreadtrum.

Okay, seperti biasanya yaitu flashing firmware akan dibutuhkan apabila handphone mengalami kerusakan pada software.
Seperti bilamana handphone Lenovo Vibe kamu bootloop, brick, lag, OS corrupt dan error sistem lainnya yang tentu saja disebabkan oleh kerusakan software bukan hardware.

Alright here we go, simak ya caranya dibawah ini.

-

Cara flashing Lenovo Vibe P1 P1A42 Turbo

    Alat yang dibutuhkan

    1 Komputer
    Seperti biasa, perangkat untuk flashing menggunakan komputer atau laptop ataupun netbook juga boleh karena software yang digunakan cukup ringan.

    2 QPST (Qualcomm Product Support Tool)
    Karena handphone yang akan kita flash ini memakai chipset Qualcomm maka software yang digunakan juga milik Qualcomm dan QPST Flash Tool lah alatnya, setelah didownload kemudian lakukan penginstalan QPST di komputer hingga selesai.
    Kamu boleh download QPST di situs resminya disini : QPST Flash Tool

    3 Driver Qualcomm
    Mengenai driver Qualcomm ini terdapat banyak varian di internet sehingga akan lebih baik apabila kamu mendownload driver Qualcomm berupa paket driver Qualcomm.
    Khusus untuk proses flashing Lenovo Vibe P1 ini kamu boleh mendownload drivernya disini QDLoader HS-USB Driver 32bit Setup
    Setelah didownload kemudian lakukan penginstalan terhadap driver Qualcomm tersebut.

    4 Driver Lenovo
    Instal juga driver handphone Lenovo, driver untuk Lenovo ini biasanya bersifat universal dan itu artinya satu driver support untuk hampir seluruh produk handphone Android Lenovo.
    Driver Lenovo biasanya telah ada didalam handphone, jadi apabila Lenovo kamu hidup maka kamu hanya tinggal menyambungkan handphone ke komputer melalui kabel USB dalam mode debug kemudian jika Lenovo terbaca dengan baik di komputer maka nanti akan ada pilihan penginstalan.
    Lalu kamu instal driver saja jangan Lenovo Suite ataupun Magic Plus karena kedua tool itu tampilan menunya bahasa China.
    Tapi bilamana Lenovo kamu mati maka solusinya yaitu kamu harus mendownload driver untuk handphone Lenovo disini Driver Lenovo.

    5 Firmware Lenovo Vibe P1 P1A42
    Saat itu alezof menemukan disana terdapat dua versi firmware untuk Lenovo Vibe P1 ini yaitu Lenovo_P1a42_S272 dan Lenovo_P1a42_S282 dan setelah dilihat di informasi telepon di menu Tentang Telepon/About Phone ternyata Lenovo yang bersangkutan adalah Lenovo_P1a42_S272 sehingga untuk kamu yang akan mendownload firmware, disarankan untuk tahu terlebih dahulu mengenai versi firmware yang cocok untuk handphone kamu.
    Setelah didownload, lalu ekstrak file firmware tersebut.
    Kedua versi dari firmware Lenovo Vibe P1 ada di situs ini : Firmware Lenovo Vibe P1
    Proses flashing Lenovo

    1 Backup data dan IMEI
    Sebelum flashing biasakan untuk membackup data jika handphone kamu hidup, dari mulai backup aplikasi menggunakan aplikasi Backup and Restore dan simpan di SD Card eksternal (kartu memori), backup juga nomor telepon kontak dari perangkat ke SIM Card, dan seluruh media foto, musik termasuk video terlarang kamu punya juga harus dipindahkan ke SD Card eksternal.
    Setelah backup selesai, keluarkan semuanya dari mulai kartu SIM hingga SD Card untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat proses flashing berlangsung lalu matikan handphone.
    Sebaliknya bila handphone kamu mati dan kamu siap kehilangan data maka tak usah repot-repot mencari cara backup data dari handphone mati, langsung flash saja.

    2 Buka QFIL QPST Flash Tool
    Cari folder Qualcomm yang telah diinstal tadi, defaultnya akan menjadi seperti ini Qualcomm » QPST » bin lalu cari file bernama QFIL.exe kemudian buka dan diamkan dulu.

    3 Sambungkan Lenovo Vibe ke komputer
    Perhatikan baik-baik :
    • -
    • Handphone Lenovo Vibe harus dalam keadaan mati
    • -
    • Tekan dan tahan tombol volume atas dan jangan lepaskan
    • -
    • Sambungkan handphone ke komputer melalui kabel USB
    • -
    • Akan ada penginstalan driver secara otomatis oleh komputer
    • -
    • Sekarang kamu boleh lepaskan tombol yang tadi ditekan
    • -
    • Tunggu penginstalan selesai hingga Lenovo Vibe terbaca sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM**)
      Driver Qualcomm

    • -
    • Pada Select Build Type pilih Flat Build
    • -
    • Klik Browse lalu cari file bernama prog_emmc_firehose_8936.mbn yang letaknya berada di folder firmware Lenovo yang tadi telah kamu ekstrak, pilih dan klik file tersebut
      QPST Browse

    • -
    • Klik Load XML lalu akan muncul rawprogram_unsparse.xml klik itu kemudian akan muncul lagi pilihan file baru bernama patch0.xml dan klik saja itu
      QPST XML RawProgram

      QPST XML Patch

    • -
    • Setelah itu tinggal klik saja tombol Download dan tunggu proses flashing berjalan dengan menampilkan bar biru hingga penuh
    • -
    • Lihat log Status yang berjalan, apabila terdapat tulisan Download Succeed berwarna biru itu artinya proses flashing Lenovo Vibe P1 P1A42 Turbo telah selesai
      Download Suceed

    4 Reboot handphone
    Apabila proses flashing telah selesai tapi handphone tidak reboot secara otomatis maka kamu boleh melepas sambungan kabel USB lalu masukkan kartu SIM dan SD Card kedalam handphone kemudian nyalakan handphone.
Catatan
Alezof tidak menemui kegagalan atau masalah apapun saat proses flashing berlangsung
Informasi telepon dan IMEI tidak mengalami masalah, semuanya normal

Semoga berhasil

©2019 aLezof