Cara flashing Sony Xperia T3 D5103 menggunakan Flashtool offline

Cara flashing Sony Xperia T3 D5103 menggunakan Flashtool offline
Hey hey kamu, iya kamu.
Kangen sama post baru alezof? Apeu, tak? Ya sudah.
Alright, alright baru tadi pagi alezof selesai melakukan flashing terhadap perangkat Sony tepatnya handphone Sony Xperia T3 dengan seri D5103, iya handphone Qualcomm 4G LTE dengan Android 4.4.2 KitKat itu.

Sony Xperia T3 D5103 Brick

Okay, alezof akan berbagi cara sukses flashing handphone Sony Xperia T3 D5103 menggunakan Flashtool secara offline karena biasanya untuk flashing, repair, upgrade ataupun downgrade software sistem operasi di handphone Sony Xperia dilakukan secara online melalui PC Companion dan alezof dulu juga pernah melakukan flashing terhadap Sony Xperia ZR secara online sebelum tahu tentang adanya software offline Flashtool ini.

Alright, ceritanya handphone Sony Xperia T3 ini tak bisa masuk menu, sebagai gantinya dia hanya diam di graphic animasi.
Iya, jadi handphone ini ketika dihidupkan muncul logo Sony seperti biasanya lalu dia masuk ke animasi kemudian diam disitu tak bisa masuk ke menu, kondisi ini boleh dikatakan sebagai 'brick'.

Untuk dapat melakukan flashing terhadap handphone Sony Xperia kamu yang entah itu brick seperti kasus yang alezof hadapi, bootloop, terinfeksi virus malware ataupun perbaikan software lainnya maka kamu terlebih dahulu harus mendownload beberapa peralatan dari Sony oleh Sony untuk Sony dari mulai driver, flashtool hingga firmware dan biasanya driver untuk seluruh perangkat Sony termasuk didalamnya yaitu Sony Xperia T3 telah tersedia didalam paket download Flashtool tapi bila tidak maka kamu boleh download driver khusus untuk handphone Sony Xperia yang kamu akan flash.
Sebagai info bahwa driver untuk setiap model perangkat Sony Xperia itu berbeda-beda, contohnya driver untuk Sony Xperia Z tidak sama dengan driver untuk Sony Xperia T dan begitu seterusnya.

-

Flashing Sony Xperia T3 D5103

    Peralatan yang diwajibkan

    • 1
    • Sony Mobile Flashtool
      Software ini bernama lengkap Sony Mobile Flashtool dan lebih akrab dipanggil Flashtool yang dibuat oleh pengembang bernama Androxyde.
      Untuk flashing handphone Sony Xperia T3 dibutuhkan software Flashtool dengan versi 0.9.18.2 karena dalam beberapa kasus banyak terjadi kendala saat menggunakan flashtool versi terbaru dan begitupun dengan alezof.
      Kamu download software Flashtool untuk Sony ini dan instal di komputer, disarankan untuk jangan mengubah folder tujuan instal seperti misalnya Flashtool akan diinstal di folder C:Flashtool lalu biarkan dia seperti itu dan jangan membuat folder baru.
      Silakan download Sony Mobile Flashtool disini Sony Mobile Flashtool versi 0.9.18.2 sedangkan untuk versi lainnya disini Sony Mobile Flashtool.

    • 2
    • Firmware
      Dalam hal ini kamu harus mendownload firmware Sony Xperia T3 D5103 karena yang akan diflash yaitu seri D5103 bukan D5102 ataupun D5106, contohnya alezof menggunakan firmware seri ini : D5103_18.1.A.2.25_Customized-MEA_1285-5298_R4B Android 4.4.4 KitKat dengan ekstensi .ftf, jadi kamu jangan sampai salah download firmware ya.

    • 3
    • Driver
      Pun sama halnya dengan driver, untuk Sony Xperia T3 driver yang dibutuhkan yaitu driver Sony Xperia T yang sudah termasuk untuk Xperia T2 dan T lainnya.
      Apabila driver tidak termasuk dalam paket download Flashtool maka kamu boleh download driver tersebut disini Driver Sony Xperia T.
      Atau boleh juga gunakan driver khusus untuk Sony Xperia T3 disini Driver Sony Xperia T3.
    Cara flashing

    • 1
    • Ekstrak firmware
      Ekstrak firmware yang kamu telah download lalu pindahkan file .ftf hasil ekstrak tersebut ke folder firmwares yang letaknya di C:Flashtool » firmwares (berlaku di Flashtool versi 0.9.18.2)

    • 2
    • Instal driver
      Buka folder dimana kamu menginstal Flashtool, defaultnya seperti yang alezof sebutkan diatas yaitu C:Flashtool lalu cari folder drivers kemudian disitu akan terdapat file Flashtool-drivers.exe lalu instal.
      Akan terdapat banyak pilihan driver yang boleh kamu instal, tapi kamu hanya perlu menginstal driver yang dibutuhkan saja diantaranya yaitu Flashmode Drivers, Fastboot Drivers, Common drivers Blue 1.0 board dan Common drivers Blue 3.0 board yang mana kedua terakhir adalah driver yang didasarkan pada Qualcomm MSM8960 untuk Xperia seri SX, TX, GX, T, TL dan V, AX, VL.
      Lakukan penginstalan hingga selesai seperti pada gambar berikut ini
      Driver Sony Xperia

    • 3
    • Buka software Flashtool
      Setelah software Flashtool terbuka, maka diamkan beberapa menit karena dia butuh waktu untuk mempersiapkan diri dalam memulai segala sesuatu dengan menampilkan pesan Please wait until the end of process.
      Tunggu saja hingga pesan tersebut hilang dengan sendirinya, apabila komputer tidak sedang terkoneksi internet maka setelah pesan hilang akan muncul pemberitahuan berwarna merah : ERROR - Can't sync devices dan biarkan hal tersebut, tapi apabila menyebabkan error terhadap proses berikutnya maka kamu boleh hubungkan komputer ke internet.

      Klik logo petir kemudian akan muncul pilihan, pilih saja yang pertama yaitu Flashmode dan klik Ok.
      Flashmode Flashtool

      Akan muncul firmware yang kamu telah download, ekstrak, pindahkan tadi, lalu pilih saja itu dan lihat disebelah kanan.
      Pada pilihan Wipe : DATA, CACHE boleh kamu centang ataupun tidak karena sama seperti namanya, fungsi pilihan ini yaitu untuk menghapus data dan cache yang ada di perangkat sehingga perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik setelah dilakukan flashing, jadi keputusan ada ditangan kamu.
      Begitupun dengan pilihan Exclude yang memperbolehkan kamu dalam menentukan pilihan mengenai partisi apa yang akan diflash, dan bilamana kamu ingin menyegarkan kembali perangkat maka biarkan pilihan tersebut diatur secara default alias tidak ada satupun yang dicentang.
      Wipe Data Cache Partisi

      Catatan
      Sebelumnya alezof menggunakan Flashtool versi 0.9.22.3 dan mendapatkan masalah yaitu firmware tidak terbaca sehingga alezof memutuskan untuk menggantinya dengan Flashtool versi 0.9.18.2 dan proses flashing berjalan tanpa hambatan apapun.

      Apabila telah okay lalu klik saja tombol Flash dan biarkan software Flashtool memuat firmware dan bersiap untuk flashing.
      Pada beberapa kasus, terkadang muncul pemberitahuan berwarna merah lainnya yaitu : ERROR - root : this bundle is not valid dan lagi, biarkan hal itu berlalu karena error satu ini tak menyebabkan apapun.

      Tunggu beberapa menit lamanya hingga muncul tab baru yang berisi perintah atau tata cara menghubungkan perangkat disertai animasi gambar handphone.
      Hubungkan perangkat

      Bila sudah muncul tab baru seperti itu maka lakukan sesuai perintah yaitu matikan handphone, tekan dan tahan tombol back atau tombol kembali jika di handphone kamu terdapat tombol tersebut, tapi apabila tidak ada seperti pada handphone Sony Xperia T3 maka sebagai gantinya yaitu dengan menekan dan menahan tombol volume bawah, sambil melakukan hal tersebut kamu sambungkan perangkat ke komputer melalui kabel USB.
      Apabila perangkat terhubung dengan baik maka proses flashing akan berjalan dengan menampilkan bar berwarna hijau dan kamu boleh melepas tombol, tapi bilamana komputer melakukan penginstalan driver maka biarkan instalasi driver berjalan dan tunggu hingga selesai.
      Proses Flashing

      Catatan
      Apabila setelah instalasi driver kemudian program Flashtool tidak berjalan dengan baik maka silakan tutup program terlebih dahulu lalu buka kembali.
      Akan tetapi bila program tak dapat ditutup maka silakan buka task manager lalu pilih end process Flashtool.

      Akhir dari proses flashing menggunakan Sony Mobile Flashtool ini memang tak menampilkan sesuatu yang khas ataupun tanda-tanda bahwa proses flashing telah selesai seperti yang terjadi pada software SP Flash Tool Mediatek sehingga kamu harus melihat log proses pada tab program Flashtool yang mana apabila bar hijau telah hilang dan terdapat tulisan Flashing finished maka itu tandanya proses flashing telah selesai.

      Lepaskan penyambungan kabel USB perangkat dari komputer dan hidupkan perangkat.
      Uh senangnya bila berhasil, handphone Sony Xperia T3 D5103 menyala kembali dengan normal.
      Sony Xperia T3 D5103

Catatan
Pada handphone Android Mediatek biasanya saat menyalakan kembali perangkat setelah flashing butuh waktu agak lama untuk menyala normal, untuk Sony Xperia T3 ini tak perlu waktu lama untuk menyala normal.
IMEI dan informasi lain seperti Baseband tidak hilang setelah flashing.

Okay, semoga kamu berhasil ya.
Dan apabila terdapat informasi lain yang terlewat atau belum ditambahkan maka alezof akan update artikel ini

©2019 aLezof