Cara flashing Advan i45 kinerja handphone lambat dan system error

Cara flashing Advan i45 kinerja handphone lambat dan system error
Kembali lagi alezof akan berbagi pengalaman yang mungkin dapat memberikan inspirasi buat kamu dan kali ini pengalaman alezof adalah melakukan flashing terhadap handphone Advan i45.
Kenapa handphone Advan i45 ini diflash?

Advan i45

Itu karena handphone Advan ini mengalami penurunan kinerja atau biasa disebut lemot yang awal mulanya katanya handphone Advan tersebut telah beberapa kali mengalami proses root dan unroot dengan kata lain menunjukkan bahwa handphone Advan i45 ini telah banyak mengalami modifikasi atau telah banyak dioprek.
Dan memang benar adanya jika dilihat dari custom recovery yang terinstal juga telah menggunakan TWRP, iya Team Win Recovery Project itu yang versi 3 dan telah mendukung touch navigation.

Masalah yang muncul pada handphone Advan i45 ini bukan hanya kinerjanya yang lambat tapi juga system yang error karena bukti dari hal ini diperkuat oleh notifikasi yang selalu muncul dengan pesan yang menyebutkan bahwa Ruang penyimpanan tidak cukup padahal kapasitas penyimpanan internal handphone Advan i45 yang sebesar 2GB itu didalamnya hampir tak ada file yang tersimpan dengan ukuran besar dan benar saja setelah alezof telusuri seluruh berkas ternyata isinya hanya sampah semua yang mana diantaranya hanya ada cache dan data serta file dengan nama yang tidak jelas.

Okay, biasanya error semacam ini disebabkan oleh file system custom yang terbawa oleh aplikasi root yang cara kerjanya menimpa file system utama dan solusi paling sederhana untuk masalah ini yaitu seperti yang telah dijelaskan dalam artikel alezof sebelumnya disini : Cara mengatasi error ruang penyimpanan hampir penuh
Tapi setelah ditelusuri lebih jauh dengan penuh ketelitian ternyata error tersebut bukan disebabkan oleh aplikasi root karena memang handphone sudah tidak dalam keadaan root atau telah diunroot seperti yang diperingatkan oleh TWRP ketika alezof akan melakukan reboot perangkat dari TWRP tersebut.

Alright, ini dia pengalaman alezof yang mungkin kamu akan butuhkan saat melakukan flashing terhadap handphone apapun, check this out.

Setelah tahu bahwa itu adalah masalah system yang error karena corrupt maka alezof memutuskan untuk melakukan flashing, tapi secara tiba-tiba muncul banyak kendala diluar dugaan karena handphone Advan i45 tersebut tak dapat terhubung ke komputer melalui kabel USB dalam keadaan handphone menyala tapi ketika handphone dimatikan maka USB dapat terhubung sehingga handphone Advan tersebut bukan hanya rusak pada software saja melainkan pada hardware juga.

Maka dari itu apabila kamu mengalami masalah yang sama seperti yang dialami alezof yaitu handphone Android tidak dapat terhubung ke komputer melalui kabel USB saat handphone menyala dan sebaliknya handphone dapat terhubung ke komputer melalui kabel USB dalam keadaan mati maka itu tandanya handphone mengalami kerusakan hardware dan kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh konsleting jalur daya pada mesin handphone.

Hal tersebut memang tidak akan mengganggu proses flashing, maka dari itu alezof mencoba lanjut ke langkah berikutnya yaitu flashing menggunakan SP Flash Tool.
Disini muncul lagi kendala karena software SP Flash Tool tidak mau bekerja padahal driver sudah terdeteksi sebagai Preloader MTK VCOM Driver (COM39) tapi bar warna tak kunjung berjalan, bahkan ketika mengganti SP Flash Tool dengan versi sebelumnya yaitu versi 3 justru SP Flash Tool versi 3 menampilkan Error : Initializing scatter file failed. Please check the name of scatter file which you load is legal saat memuat firmware yang artinya versi daripada SP Flash Tool yang digunakan tidak cocok dengan firmware atau ROM yang dimuat.
Error Initializing SP Flash Tool

Bila sudah begini tentu saja bingung dan akhirnya alezof memutuskan untuk menggunakan software Miracle Box sehingga tutorial cara flashing handphone Advan i45 kali ini bukan menggunakan SP Flash Tool melainkan menggunakan Miracle Box.

Here we go, untuk kamu yang akan melakukan flashing handphone menggunakan Miracle Box, alezof berikan contohnya saat flashing handphone Advan i45.

-

Cara flashing Advan i45 menggunakan Miracle Box

    Persiapan flashing

    1 Software Miracle Box, Driver handphone, Firmware/Stock ROM
    Pastikan kamu sudah menyediakan peralatan diatas dan untuk firmware juga tentunya sudah didownload sesuai dengan type handphone.
    Contohnya disini alezof mendapatkan type handphone Advan i45 build number : TCK4531 S302 V1.9 dengan firmware yang didapat yaitu TCK4531 S302 ADVAN i45 V1.9 20151217 (F2PHONE).

    Kamu periksa dulu type handphone dan versi firmware sebelum mendownload karena bila salah versi maka kemungkinan akan terjadi masalah pada beberapa fitur handphone.
    Type handphone dan versi firmware biasanya terdapat di menu SetelanTentang Telepon pada bagian Build Number, lalu cocokan juga pada label dibelakang baterai, biasanya disana pun tertulis type handphone dan versi firmware/Build Number.

    2 Backup data dan IMEI
    Bila handphone masih hidup, jangan lupa untuk backup semua data-data yang penting kecuali handphone sudah tidak tertolong lagi alias mati (bootloop/brick).

    3 Baterai harus terisi diatas 50%
    Cek kapasitas baterai handphone karena untuk melakukan flashing dibutuhkan kapasitas baterai diatas 50% walaupun terkadang beberapa pengembang software flashing menyarankan minimum kapasitas baterai sebesar 30%.
    Hal ini untuk menghindari kematian total pada handphone karena gagal flashing dan seperti kamu tahu bahwa salah satu penyebab handphone Android bootloop/brick ataupun handphone kembali bootloop/brick setelah diflash adalah karena pengaruh baterai.

    Proses flashing

    1 Buka software Miracle Box
    Setelah software terbuka, kamu boleh lakukan cek handphone terlebih dahulu dengan menekan tombol MTK » Service lalu pilih fitur ReadInfo, lalu ikuti instruksi selanjutnya yang terdapat di tab proses di software Miracle Box.
    Read Info Miracle Box

    Apabila sudah okay atau kamu mau melewati langkah ini karena kamu yakin bahwa handphone bisa diflash maka kita langsung menuju proses flashing.
    Flashing/Write Miracle Box

    • -
    • Karena handphone yang akan kita flash adalah produk Mediatek maka kita harus pilih tombol MTK lalu pilih tombol Service kemudian pilih fitur Write

    • -
    • Dibawahnya terdapat menu Boot Select dan kamu boleh isi kolomnya dengan memilih 4th Boot(Auto Connect) dan pada kolom dibawahnya harus terisi dengan Universal
      Kolom ini akan berubah otomatis setelah handphone terhubung dan akan menyesuaikan dengan tipe chipset, misalnya MT65xx & MT67xx

    • -
    • Pada menu disampingnya, pilih Auto Decry sedangkan untuk Format All(Android) tak usah dicentang dan biarkan saja kosong

    • -
    • Masukkan file scatter.txt kedalam kolom pada menu dibawahnya dengan cara mengklik tombol yang ada icon foldernya kemudian akan terbuka tab baru dan kamu cari file scatter.txt dari firmware yang telah didownload untuk handphone yang bersangkutan

    • -
    • Klik tombol Start Button kemudian lihat di tab sebelah kiri akan ada perintah yang kamu harus lakukan

      Versi terbaik dari perintah tersebut yaitu :

      • Matikan handphone, cabut baterai (kecuali baterai tak bisa dilepas, lewati saja) diamkan selama 1 menit, masukkan kembali baterai
      • Tekan tombol volume atas atau bawah pada handphone (pada handphone Advan i45 tak perlu menekan tombol apapun) lalu sambungkan kabel USB dari handphone ke komputer dengan tombol volume masih ditekan
      • Perintah 3 ini adalah alternatif apabila handphone tidak dapat terhubung ke komputer walaupun driver sudah terinstal akan tetapi kejadian ini sangat jarang sekali terjadi
      • Pastikan baterai telah terisi minimal 50% atau lebih

    2 Hubungkan handphone ke komputer
    Seperti perintah yang disarankan oleh software Miracle Box, maka kamu segera matikan handphone lalu cabut baterai Advan i45 dan diamkan selama 1 menit lalu pasang kembali baterai, handphone jangan dihidupkan kecuali handphone menyala sendiri secara otomatis setelah baterai dimasukkan maka solusinya boleh kamu lihat dibawah artikel.
    Pada handphone Advan i45 ini tidak perlu menekan tombol apapun, langsung saja hubungkan handphone ke komputer melalui kabel USB dan akan terdapat tulisan Connecting to Phone, Wait..
    Komputer akan menginstal driver Mediatek secara otomatis, tunggu proses instalasi driver hingga selesai dan telah terbaca di software Miracle Box.
    Instal Driver Miracle Box

    3 Pilih partisi
    Bila handphone berhasil terhubung ke komputer maka akan terdapat tulisan Connected to Phone. dan sederet info tentang handphone dari mulai CPU hingga EMMC.
    Kemudian akan muncul tab baru berisi daftar block partisi dari firmware, kamu boleh centang semua kecuali Preloader, jangan centang Preloader apabila handphone tidak bootloop/brick kecuali sebaliknya jika handphone mati atau bootloop/brick maka Preloader boleh dicentang.
    Setelah semua okay, klik saja tombol OK.
    Partisi Firmware Miracle Box

    4 Tunggu proses flashing selesai
    Proses flashing akan berjalan dengan menampilkan bar berwarna biru, ya hanya biru tak seperti SP Flash Tool yang menampilkan bar berwarna warni.
    Tunggu proses writing partisi selesai semuanya hingga bar menunjukkan angka 100% dan terdapat status yang bertuliskan Write Done disertai dengan Total time
    Write Done Flashing Miracle Box

    5 Selesai
    Apabila proses flashing telah selesai dengan tanda-tanda seperti diatas maka kamu boleh melepaskan kabel USB dari komputer, diamkan handphone selama 5 menit lalu nyalakan.
    Proses booting pertama biasanya agak lama jika kita melakukan flashing pada preloader (booting sekitar 10 menit), akan tetapi jika tidak maka proses booting akan berlangsung cepat/normal seperti biasanya, seperti pada handphone Advan i45 yang alezof perbaiki karena tidak mencentang Preloader sehingga proses booting berlangsung normal dan IMEI pun tidak hilang.
    Advan i45 Selesai Flashing

Catatan
Apabila handphone tidak dapat dimatikan yang maksudnya yaitu handphone menyala sendiri secara otomatis setelah baterai dimasukkan maka solusinya yaitu :
  • Lepas baterai dari handphone
  • Hubungkan handphone ke komputer melalui kabel USB tanpa baterai
  • Lalu pasang baterai

Atau jika kamu punya cara lain boleh dicoba

Semoga berhasil..

©2019 aLezof