Memperbaiki Alcatel Onetouch M'Pop 5020D terkena malware

Memperbaiki Alcatel Onetouch M'Pop 5020D terkena malware
Handphone Android Mediatek Alcatel Onetouch M'Pop 5020D yang alezof perbaiki sepertinya terkena virus malware, gejala yang ditunjukkan sangat banyak hingga tak mampu dibuatkan screenshot.


Entah darimana awal mula datangnya malware tersebut karena bahkan client yang memiliki handphone Alcatel Onetouch M'Pop yang bersangkutan pun tidak mengetahuinya sehingga alezof tidak dapat menjelaskan kronologinya, padahal kronologi itu sebenarnya penting dan setidaknya berfungsi sebagai acuan atau referensi untuk mencegah kembali masuknya malware kedalam sistem handphone.

Untuk kamu yang sudah pernah mengalami peristiwa handphone Android error terkena malware pastilah tahu gejala dan penyebabnya walaupun tak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tapi bagi kamu yang belum tahu maka dibawah ini alezof akan berikan contoh gejala handphone Android yang terserang virus malware sesuai dengan yang dialami oleh handphone Alcatel Onetouch M'Pop 5020D yang alezof perbaiki.

Gejala-gejala tersebut diantaranya :

  • Sering terjadi hang
    Hang atau menggantung adalah istilah untuk handphone yang melamun atau terdiam cukup lama ketika kita sentuh ataupun kita klik, dan ini terjadi pada handphone Alcatel Onetouch yang alezof perbaiki.
    Ketika sebuah aplikasi manapun dipilih maka handphone terdiam untuk waktu yang sangat lama, terkadang dia masuk ke aplikasi tapi terkadang dia kembali ke menu awal.

  • Kinerja handphone sangat lambat
    Ketika memilih ikon menu, terdapat lag atau jeda yang kurang nyaman untuk waktu tunggu karena waktu jeda yang normal biasanya paling nyaman 1 detik sedangkan pada handphone Alcatel ini waktu tunggu untuk berpindah justru lebih dari 1 detik, boleh lah dikatakan lemot dibandingkan dengan handphone normal.

  • Aplikasi crash
    Ini yang paling menyebalkan karena ketika alezof mengakses menu pengaturan tiba-tiba muncul notifikasi sayangnya com.android telah berhenti tak lama setelahnya muncul lagi sayangnya com.google telah berhenti begitu seterusnya hingga dia puas bahkan beberapa fitur seperti kamera tidak bisa dibuka.

  • Muncul iklan di home
    Iklan dari situs belanja online muncul di permukaan, iklan tersebut luasnya selebar handphone dan tingginya setengah dari panjang handphone sehingga menutupi daftar menu di home.

  • Tidak dapat membuat akun Google
    Satu hal ini yang paling membuat alezof heran, kenapa tidak dapat membuat akun Google? ketika proses pembuatan nama untuk akun Google, prosesnya cukup lama karena sering crash tapi setelah selesai membuat nama dan alamat email, yang terjadi justru handphone malah menjadi blank hitam untuk waktu yang sangat lama hingga akhirnya pembuatan email selalu gagal walaupun telah dicoba beberapa kali baik itu melalui jaringan seluler maupun jaringan wifi.

Beberapa hal diatas adalah gejala-gejala yang dapat dijelaskan melalui kata-kata karena selebihnya sungguh sangat sulit untuk dipaparkan, dan dari seluruh masalah tersebut akan menjadi lebih parah lagi ketika koneksi data dihidupkan atau dengan kata lain ketika handphone terhubung ke jaringan internet maka error pada handphone Alcatel Onetouch M'Pop 5020D yang terkena virus malware menjadi semakin parah.

Belajar dari pengalaman saat memperbaiki handphone Evercoss A7F maka alezof yakin bahwa ini adalah ulah daripada virus malware yang biasanya dengan mudah menyerang Sistem Operasi Windows pada komputer dan Android pada handphone.
Tentu saja solusi dari masalah ini adalah flashing, dan sudah pasti yang kita andalkan yaitu software SP Flash Tool untuk handphone Android Mediatek karena handphone Alcatel Onetouch 5020D ini menggunakan chipset Mediatek dengan seri MT6575.

Alezof tidak akan menjelaskan cara flashing handphone Alcatel ini karena proses flashing handphone Mediatek semuanya hampir sama, begitupun dengan handphone Alcatel Onetouch yang mana cara melakukan flashing benar-benar sama dengan cara melakukan flashing terhadap handphone Lenovo A319, Evercoss A7F dan handphone Mediatek lainnya.

Tutorial cara flashing handphone Alcatel Onetouch M'Pop 5020D boleh kamu lihat pada artikel tentang cara flashing handphone Lenovo A319 disini : Cara flashing handphone Lenovo A319
Sedangkan untuk firmware, kamu boleh ambil disini : Firmware Alcatel Onetouch M'Pop 5020D

Hanya ada beberapa hal yang sedikit berbeda dari cara flashing handphone Alcatel Onetouch ini dan kamu akan mendapatkan hal tersebut disini, maka dari itu simak baik-baik pengalaman alezof dibawah ini yang sungguh sangat unik yang mungkin belum pernah kamu alami sebelumnya dan juga boleh menjadi pelajaran dan pengetahuan baru buat kamu.

Kendala saat flashing Alcatel Onetouch

Ketika alezof bersiap untuk melakukan flashing terhadap handphone Alcatel Onetouch, ternyata alezof mendapati bahwa handphone Alcatel tersebut tidak terdeteksi komputer.

Iya, handphone tidak terbaca oleh komputer.

Tak ada suara atau pemberitahuan apapun yang mengindikasikan bahwa handphone telah terhubung ke komputer walaupun telah dicoba menekan tombol volume up (+) dan tombol volume down (-) secara bergantian lalu menekan kedua tombol hingga dicoba dengan menggunakan baterai hasilnya tetap saja handphone tidak terhubung ke komputer justru ketika mencoba menggunakan baterai, handphone malah mengisi daya.

Alezof khawatir dengan masalah kerusakan IC EMMC karena menurut beberapa teknisi jika handphone tidak terdeteksi oleh komputer maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware tepatnya pada IC EMMC.
Instal Driver

Akan tetapi alezof tak menyerah sampai disitu karena walaupun merasa khawatir tapi alezof yakin bahwa ini bukanlah kerusakan IC EMMC karena pada saat handphone dihidupkan sambil terhubung ke komputer terkadang komputer mampu mendeteksi handphone dan secara otomatis menscan driver walaupun selalu gagal menemukan driver.

Masalah tersebut ternyata disebabkan oleh sambungan kabel USB yang tidak sempurna, dikarenakan alezof tahu bahwa kabel USB baik-baik saja maka port konektor handphone lah yang ternyata bermasalah.
Akhirnya ketika alezof mencoba menekan kabel USB yang terhubung kedalam port konektor handphone Alcatel terdapat pemberitahuan yang disertai suara yang menandakan bahwa handphone telah terhubung ke komputer sehingga kedua tangan alezof sangat sibuk pada saat itu karena tangan kanan menekan kabel USB kedalam port konektor handphone Alcatel sedangkan tangan kiri menekan tombol volume up (+) sehingga hal ini menyebabkan alezof kesulitan menekan tombol download pada software SP Flash Tool.

Dengan beberapa trik akhirnya proses flashing bisa berjalan walaupun alezof harus menekan kabel USB selama proses flashing hingga selesai dan dikarenakan masalah konektor ini, alezof tidak dapat mengambil screenshot untuk proses flashing handphone Alcatel Onetouch M'Pop 5020D.

Catatan
  • -
  • Untuk flashing handphone Android Mediatek yang terkena malware, boleh gunakan pilihan Download OnlyJika harus menggunakan pilihan Format All + Download maka backup atau catat terlebih dahulu nomor IMEI yang bisa dilihat di menu Pengaturan » Tentang Telepon atau About Phone karena untuk beberapa handphone yang telah dibongkar oleh teknisi (diservice) biasanya stempel yang berisi informasi telepon (termasuk nomor IMEI didalamnya) yang berada dibelakang body handphone tepatnya ditempat penyimpanan baterai terkadang ada yang telah dilepas.

  • -
  • Firmware original Alcatel Onetouch M'Pop 5020D yang alezof gunakan tidak terdapat bahasa Indonesia didalamnya sehingga alezof mendapati bahasa Arab ketika handphone dihidupkan.
    Firmware Alcatel

  • -
  • Proses booting pertama setelah selesai flashing cukup lama, kamu boleh diamkan handphone dengan tidak dinyalakan selama waktu 5 menit lalu hidupkan handphone dan tunggu sekitar 10 menit, jika handphone tidak masuk menu selama waktu lebih dari 10 menit maka kamu coba flash ulang dengan hanya menggunakan pilihan Download Only.

Itu saja, semoga ada beberapa pelajaran yang dapat kamu ambil.

©2018 aLezof