Cara flashing Lenovo A319 bootloop

Cara flashing Lenovo A319 bootloop
Lenovo A319 mengalami kerusakan pada software yang ditandai dengan hanya muncul logo Lenovo ketika handphone dinyalakan, beberapa teknisi menyebutnya dengan istilah bootloop, brick, softbrick, stuck di logo, hang di logo dan lain sebagainya.


Istilah yang cocok untuk menamai kerusakan seperti ini tergantung dari jenis booting yang terjadi, misalnya handphone tidak mau menyala ketika dihidupkan dan sebagai gantinya handphone hanya diam ketika logo muncul sehingga tak mampu masuk ke menu boleh disebut dengan softbrick.

Kerusakan handphone Lenovo A319 yang alezof perbaiki yaitu :

  • Ketika handphone dinyalakan, booting hanya sampai logo Lenovo disertai getar.
  • Beberapa saat kemudian handphone mati lalu kembali booting dengan sendirinya hingga muncul logo Lenovo disertai getar kemudian mati lagi dan booting lagi seperti awal tadi, dan kejadian tersebut terjadi berulang ulang sehingga hanya ada satu cara untuk menghentikannya yaitu dengan mencabut baterai.
  • Ketika masuk Mode Recovery, tidak dapat masuk ke menu berikutnya dan sebagai gantinya justru handphone malah menjadi blank hitam dengan hanya menyisakan getar tanpa logo dan getar tersebut terjadi berulang-ulang dengan lampu menyala tanpa ada sesuatu apapun tampil di layar hingga akhirnya handphone Lenovo tersebut booting berulang-ulang tanpa logo.
  • Ketika dihubungkan ke charger, handphone tidak dapat mengisi daya dan tidak terdapat logo baterai yang biasanya terlihat saat proses pengisian daya.

Kejadian seperti ini boleh dikategorikan sebagai kerusakan atau error jenis bootloop karena pengertian daripada bootloop itu sendiri yaitu 'proses boot berulang' dan boot ini merupakan istilah untuk menyebut proses memulai sistem saat handphone dihidupkan.

Alright jika kamu memiliki kasus yang hampir sama dengan kasus yang pernah alezof alami maka kamu boleh simak tutorial tentang cara memperbaiki handphone Lenovo A319 bootloop melalui proses flashing menggunakan SP Flash Tool.

-

Flashing Lenovo A319 bootloop menggunakan SP Flash Tool

    Peralatan flashing

    • 1
    • Komputer/Laptop
      Kita akan melakukan flashing menggunakan komputer untuk hasil yang maksimal meskipun disana terdapat cara melakukan flashing tanpa komputer dan software yaitu biasanya melalui CWM Recovery langsung dari handphone, dan dikarenakan handphone tidak dapat masuk Mode Recovery maka sudah pasti kita harus melakukan flashing melalui komputer.

    • 2
    • Software SP Flash Tool
      Dikarenakan handphone Lenovo A319 ini berprosesor Mediatek maka proses flashing dilakukan melalui software SP Flash Tool yang mana software ini adalah alat khusus untuk flashing handphone yang memiliki prosesor Mediatek atau nama kodenya yaitu MTK.
      Kamu boleh download file terbaru SP Flash Tool dari sumber asli file tersebut yaitu spflashtool.com lalu instal di komputer, dan sebagai informasi bahwa alezof menggunakan SP Flash Tool versi 5.1352.01 dan versi 5.1648.
      Alezof sengaja menggunakan dua SP Flash Tool yang berbeda karena SP Flash Tool versi terbaru sering mengalami 'crash sementara' atau 'not responding' jika digunakan di komputer netbook sehingga untuk mengatasinya yaitu dengan cara menginstal kedua versi, versi lama dan versi baru.

    • 3
    • Driver
      Untuk masalah driver lebih baik kamu menggunakan banyak macam driver untuk perangkat produk dari Mediatek ini karena beberapa driver terkadang tidak terbaca oleh komputer, dan untuk rekomendasi yaitu sebaiknya kamu terlebih dahulu menginstal All MTK Driver yang didalamnya berisi Preloader dan VCOM driver karena pada saat proses flashing, yang terdeteksi adalah Preloader USB VCOM Driver.

    • 4
    • Firmware
      Firmware atau Stock ROM untuk Lenovo A319 memiliki banyak versi, apabila kamu tahu versi mana yang cocok untuk handphone Lenovo kamu maka itu lebih baik tapi bilamana tidak maka kamu boleh lihat keterangan yang ada di belakang handphone tepatnya dibawah baterai, disitu biasanya terdapat nama versi untuk firmware seperti misalnya S318 atau S319.

      Berikut terdapat dua firmware Lenovo A319 yang boleh kamu ambil sesuai dengan versi firmware handphone Lenovo kamu :
      Firmware Lenovo A319 ROW DS S318 150615
      Firmware Lenovo A319 S319 MT6572 20161222

      Jika sudah didownload, kamu boleh langsung ekstrak semua file untuk kemudian diinstal di komputer kecuali hanya firmware yang cukup diekstrak saja.
    Proses flashing

    • 1
    • Buka SP Flash Tool, jika terdapat peringatan file scatter tidak ditemukan maka lewati saja dengan mengklik tombol Ok karena itu hanya sebuah peringatan yang terdapat pada beberapa versi SP Flash Tool yang mengharuskan file scatter.txt berada satu folder dengan file SP Flash Tool.

    • 2
    • Klik Scatter-loading atau choose file pada kolom Scatter-loading File lalu cari dan pilih file scatter.txt di folder firmware yang tadi kamu telah download dan ekstrak, pastikan pada kolom yang terdapat dibawah kolom Scatter-loading File menunjukkan pilihan Download Only.
      SP Flash Tool akan memuat seluruh partisi yang ada didalam firmware.

      Perhatikan baik-baik prosesnya :

    • -
    • Klik Download yang berada dibagian atas SP Flash Tool.

    • -
    • Matikan handphone Lenovo, cabut dan lepaskan baterai lalu tekan dan tahan tombol volume atas kemudian hubungkan handphone ke komputer melalui kabel USB sehingga handphone tersebut terhubung ke komputer tanpa baterai dan dengan tombol volume atas yang masih ditekan.

    • -
    • Komputer akan berbunyi yang menandakan bahwa handphone terhubung, apabila komputer menginstal driver secara otomatis maka tunggu saja hingga proses penginstalan selesai.

    • -
    • Tunggu beberapa detik hingga muncul bar warna dibagian bawah tampilan SP Flash Tool yang dimulai dengan warna merah dan biru dengan sangat cepat kemudian warna kuning dengan sangat lambat.
      Dan ketika bar warna kuning mulai berjalan, kamu boleh lepaskan tombol volume atas yang tadi kamu tekan dan tunggu proses flashing berjalan hingga selesai.
      Apabila proses flashing berhasil maka akan terdapat pemberitahuan Download Ok dengan tanda ceklis yang cukup besar.
      Download Ok

    • 3
    • Setelah selesai, komputer akan berbunyi yang menandakan bahwa handphone sudah tidak terhubung dan kamu boleh melepas sambungan kabel USB.
      Pasang baterai lalu hidupkan handphone, tunggu beberapa menit karena biasanya proses booting setelah flashing akan memerlukan waktu lama.
      Dan handphone Lenovo A319 bootloop pun sudah kembali normal.
      Lenovo A319

    Invalid IMEI
    Setelah proses flashing selesai dan berhasil, muncul masalah baru pada handphone yaitu invalid IMEI atau IMEI yang terdapat didalam handphone menjadi hilang.
    Untuk mengatasi invalid IMEI ini alezof punya artikel khusus yang boleh kamu baca disini Cara memperbaiki IMEI hilang atau invalid IMEI pada handphone Android Mediatek.
Menggunakan SP Flash Tool baik itu versi lama maupun versi baru untuk flashing handphone Mediatek, keduanya sama-sama bagus untuk dipakai hanya hal tersebut tergantung kepada jenis perangkat komputer yang kita pakai.
Jika kita memakai komputer dengan spesifikasi rendah maka akan lebih baik menggunakan SP Flash Tool versi sebelumnya untuk menghindari crash pada program, sebaliknya jika kita memaksakan untuk tetap ingin menggunakan versi terbaru dari software sedangkan spesifikasi komputer kita rendah maka saran alezof yaitu jangan pernah melakukan 'force act' atau tindakan memaksa terhadap program, artinya ketika program tersebut diklik tapi hanya diam saja maka biarkan dia mengambil jeda untuk memulai karena jika dipaksa tentulah akan menyebabkan program crash baik itu sementara (not responding) maupun sepenuhnya (program closed).

©2018 aLezof