Cara menghilangkan dan menghapus icon aplikasi ganda di handphone Android

Cara menghilangkan dan menghapus icon aplikasi ganda di handphone Android
Icon aplikasi yang terdapat di layar handphone Android sering kali tampil ganda sehingga hal ini terkesan seolah-olah terdapat dua aplikasi yang sama padahal kenyataannya kita hanya menginstal satu aplikasi saja.



Icon aplikasi ganda

Hal seperti ini pernah berlaku pada handphone Android Evercoss U55 Smart Plus dengan OS 7.0 Nougat milik alezof yang mana pada layar handphone terdapat dua icon aplikasi yang sama sedangkan aplikasi yang diinstal hanya satu.
Apabila kamu mendapatkan hal yang sama seperti yang alezof alami maka mungkin solusi dari pengalaman alezof boleh kamu coba mudah-mudahan berhasil mengatasi masalah tersebut.

Penyebab munculnya icon aplikasi ganda di handphone Android


Setelah melalui beberapa penelitian dan percobaan, alezof menemukan bahwa icon aplikasi ganda yang terdapat pada handphone Android Evercoss milik alezof ternyata bukan masalah bug sistem dan bukan pula terdapat dua aplikasi melainkan itu hanya masalah launcher atau peluncur tampilan.

Launcher bawaan dari beberapa merk handphone memiliki tampilan sederhana yang mana prinsip kerjanya yaitu apabila pengguna telah selesai membuka aplikasi maka setelah aplikasi ditutup kemudian muncullah duplikat icon aplikasi tersebut sehingga menyebabkan terdapat dua icon dari satu aplikasi yang sama.

Sehingga kesimpulannya yaitu icon ganda tersebut merupakan highlight atau riwayat dari aplikasi yang pernah ataupun sering dibuka dan sayangnya pada launcher default Evercoss U55 yang bernama Launcher3 ini tak ada pilihan untuk menghilangkan riwayat aplikasi yang pernah dibuka.

Cara menghilangkan dan menghapus icon ganda di handphone Android


Karena launcher bawaan tidak dapat menghilangkan riwayat aplikasi yang pernah dibuka maka kita akan membutuhkan launcher custom pihak ketiga untuk melakukannya sehingga apabila kita berhasil menghilangkan riwayat aplikasi maka secara otomatis kita telah dapat menghapus icon aplikasi ganda tersebut.

Microsoft Launcher

Okay, launcher yang alezof rekomendasikan adalah Microsoft Launcher karena selain memiliki tampilan yang indah juga launcher ini adalah resmi buatan Microsoft sehingga sudah pasti aman dari virus malware.

Ikuti panduan dibawah ini untuk menghilangkan dan menghapus icon ganda di handphone Android

  • 1
  • Download Microsoft Launcher di Play Store kemudian instal
  • 2
  • Setelah tampilan berubah menjadi tampilan launcher Microsoft lalu pergi ke beranda aplikasi
  • 3
  • Klik tiga titik disebelah kanan atas hingga muncul beberapa pilihan
  • 4
  • Pilih dan klik Sembunyikan aplikasi terakhir

Microsoft Launcher Option

  • Atau kamu juga boleh pergi ke Pengaturan Peluncur
  • Cari dan klik pilihan Personalisasi
  • Kemudian klik pada pilihan Laci Aplikasi
  • Pada pilihan Tampilkan aplikasi terakhir, klik icon disebelah kanan untuk menonaktifkan riwayat aplikasi

  • 5
  • Selesai, kembalikan tampilan handphone ke beranda aplikasi dan lihat apakah icon aplikasi ganda telah hilang? Tentu saja.


Microsoft Launcher Home

Selain itu, Microsoft Launcher juga memiliki banyak fitur yang bisa memperindah tampilan handphone Android kamu yang mana semua dari itu boleh kamu atur di Pengaturan Peluncur.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberi rating atau ulasan di Play Store kepada Microsoft atas Microsoft Launcher sebagai tanda terima kasih apabila telah dapat membantu kamu.