Cara menginstal bahasa Indonesia di handphone BlackBerry

Cara menginstal bahasa Indonesia di handphone BlackBerry
Alezof punya trik lama mengenai cara menginstal atau menambahkan bahasa Indonesia ke perangkat BlackBerry model lama yaitu BlackBerry OS4, OS5, OS6 dan OS7 menggunakan injector.

BlackBerry Bold 9780 Bellagio

Memang saat ini handphone BlackBerry lawas sudah sangat jarang sekali digunakan karena para pengguna lebih suka untuk menggunakan handphone Android, akan tetapi tak sedikit pula pengguna handphone lebih memilih untuk tetap ataupun kembali menggunakan BlackBerry dengan alasan tertentu yang bersifat subjektif.

Alright, tutorial daripada trik ini hanya sebagai panduan untuk para pemula yang sedang belajar memperbaiki ataupun memodifikasi sistem handphone sendiri secara legal terutama handphone BlackBerry yang mana saat ini perusahaan divisi mobilenya dijual ke TCL China.
(eh, eh, apa coba bawa-bawa perusahaan)

'Apapun pulusa'anya, poloduknya tetap BlekBei'

Setidaknya begitulah yang dikatakan si 'koko oe'.
Okay alezof tidak akan membahas tentang si 'engko' karena ada yang lebih penting yang harus dibahas yaitu cara menambahkan bahasa Indonesia kedalam handphone BlackBerry lawas menggunakan injector.
Untuk contoh, alezof memakai handphone BlackBerry Bold 9870 Bellagio atau Onyx 2 dengan OS 6.

-

Cara menambahkan bahasa Indonesia kedalam handphone BlackBerry

    Peralatan yang dibutuhkan

    • 1
    • Komputer PC
      Cara yang alezof lakukan dalam memasukkan file bahasa Indonesia ke handphone BlackBerry yaitu melalui komputer netbook.
      Kamu boleh pakai komputer PC ataupun komputer laptop, terserah, yang penting komputer jangan kompresor apalagi kompor gas.

    • 2
    • BlackBerry Desktop Software 8.0
      Ingat ya BlackBerry Desktop Software 8.0 jangan BlackBerry 10 Desktop Software karena BlackBerry 10 Desktop Software ini untuk perangkat BlackBerry 10, dalam contoh ini alezof menggunakan BlackBerry Desktop Software 7.1 tapi akan lebih baik jika kamu menginstal versi paling akhir yaitu BlackBerry Desktop Software 8.0.
      Software ini sudah termasuk driver BlackBerry yang boleh kamu download di situs resmi BlackBerry.

    • 3
    • Injector bahasa Indonesia
      Kamu boleh cari injector bahasa Indonesia yang sesuai dengan versi OS BlackBerry kamu di pencarian Google karena disana pasti banyak blog yang menyediakan.
      Ingat ya, harus sesuai dengan versi OS BlackBerry kamu.
    Cara penginstalan

    • 1
    • Instal BlackBerry Desktop Software
      Jika kamu baru mendownload software ini maka kamu harus menginstalnya terlebih dahulu, tapi jika sudah terinstal sejak lama maka kamu boleh lanjutkan langkah berikutnya.

    • 2
    • Sambungkan perangkat BlackBerry ke komputer
      Pastikan perangkat BlackBerry kamu terdeteksi dengan baik oleh komputer yang ditandai dengan terjadinya proses penginstalan driver secara otomatis pada komputer dan biasanya software BlackBerry Desktop Software akan terbuka secara otomatis ketika perangkat telah terdeteksi dengan baik.
      Instalasi Driver BlackBerry

      Pada BlackBerry Desktop Software, disana akan ditampilkan informasi perangkat BlackBerry kamu yang sedang terhubung dengan software lengkap dari mulai model handphone, nomor PIN, hingga versi OS yang terinstal pada perangkat.
      Bilamana tidak, maka pastikan perangkat BlackBerry terhubung ke komputer bukan sebagai media penyimpanan supaya komputer dapat mendeteksi BlackBerry sebagai perangkat handphone.
      BlackBerry Desktop Software

    • 3
    • Buka injector bahasa Indonesia
      Jika sudah okay seperti hal-hal diatas maka selanjutnya kamu boleh buka injector bahasa Indonesia.
      Setelah injector terbuka, biasanya disana terdapat beberapa catatan dari pengembang software yang mana isi daripada catatan tersebut tergantung kepada masing-masing pengembang karena software injector ini tidak hanya ada satu melainkan ada banyak, hal ini dikarenakan software tersebut telah banyak dimodifikasi oleh beberapa programmer.

      Kamu baca catatan tersebut baik-baik karena disana pun terdapat panduan cara penggunaan software injector yang mana biasanya kamu diperintahkan untuk menekan sembarang tombol untuk proses instalasi bahasa Indonesia.
      Injector Bahasa Indonesia

      Tunggu proses hingga selesai, proses yang berjalan akan menampilkan instalasi file pada jendela CMD dan proses akan berhenti secara otomatis jika telah selesai dan perangkat BlackBerry pun akan melakukan restart.
      Proses Instalasi Bahasa Indonesia

      Selesai..

Lihat perangkat BlackBerry kamu, pastikan bahasa Indonesia telah dapat dipilih di pengaturan bahasa handphone BlackBerry kamu.

©2018 aLezof