Cara lain mengatasi ruang penyimpanan hampir penuh pada handphone Android

Cara lain mengatasi ruang penyimpanan hampir penuh pada handphone Android
Handphone Android selalu memunculkan pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh padahal tidak ada aplikasi yang terpasang bahkan aplikasi bawaan handphone seperti Play Store dan Google Framework tidak ada satupun yang terbaca di daftar aplikasi perangkat, itu kenapa ya?

Emm, sepertinya ruang penyimpanan perangkat Android kamu telah penuh oleh siluman.
'Hahh, alezof bercanda mulu'


Disana terdapat banyak sekali alasan yang mendasari handphone Android kamu selalu memunculkan pemberitahuan penyimpanan hampir penuh atau ruang penyimpanan penuh dan ataupun penyimpanan internal perangkat hampir penuh dan salah satu penyebab yang paling berbahaya dan fatal yaitu error tersebut disebabkan oleh sistem operasi Android handphone kamu mengalami corrupt atau kerusakan yang menyebabkan EMMC rusak.
Tapi tenang, jangan berpikir terlalu jauh karena ada juga hal-hal kecil yang dapat menyebabkan handphone Android kamu selalu menampilkan pesan penyimpanan penuh dan salah satunya yaitu 'rooting' atau 'root'.

Mengatasi ruang penyimpanan penuh Evercoss A74E Winner T+ Compo


Iya, seperti masalah yang dialami oleh klien alezof yang mempunyai handphone Evercoss A74E dengan nickname Winner T+ Compo yang mana saat itu sang klien mengeluh karena handphone Evercoss A74E Winner T+ Compo miliknya tak mampu menginstal WhatsApp, Facebook Messenger dan juga Telegram dan ternyata ketika mencoba membuka Play Store muncul pemberitahuan aplikasi tidak terpasang.
Evercoss A74E Winner T+ Compo

Tak cuma itu, pesan yang mengatakan bahwa ruang penyimpanan hampir penuh selalu muncul di tab pemberitahuan sehingga tidak hanya mengganggu tapi juga bikin pusing karena ketika dicek ternyata kapasitas memori masihlah menyisakan ruang bebas cukup besar baik itu memori internal telepon, memori eksternal microSD maupun RAM.

Karena klien tersebut membeli handphone Evercoss A74E Winner T+ Compo dengan kondisi second batangan maka sang klien tak tahu apa yang telah terjadi pada handphone, maka dari itu dia mencari solusi di pencarian Google dan menemukan beberapa hasil dari blog teknologi dan gadget yang menyarankan beberapa cara untuk mengatasi handphone Android selalu memunculkan pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh yaitu sebagai berikut :

  • 1
  • Bersihkan data dan cache
    Setiap aplikasi akan selalu meninggalkan sampah berupa cache, dan sampah ini tak boleh dibiarkan menumpuk di penyimpanan perangkat karena akan mengganggu kinerja sistem dan membuatnya menjadi lambat.
    Begitupun data yang dihasilkan oleh aplikasi yang memang benar akan menghabiskan kapasitas memori maka dari itu dalam kurun waktu beberapa hari atau bahkan minggu dan bulan kita harus membersihkan file data dan cache daripada aplikasi tersebut.
    Untuk menghapus data dan cache kamu boleh masuk ke pengaturan aplikasi lalu klik salah satu aplikasi (contohnya Play Store) kemudian hapus data lalu hapus cache, lakukan pada aplikasi lain yang sering digunakan.
    Penghapusan data dan cache tidak akan menyebabkan aplikasi terganggu, hanya untuk aplikasi yang membutuhkan login atau sign in biasanya akan secara otomatis logout atau sign out karena data-data telah dihapus.

  • 2
  • Pindahkan aplikasi ke microSD
    Pada beberapa handphone yang telah mampu memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal perangkat ke penyimpanan eksternal atau microSD maka akan lebih baik jika seluruh aplikasi yang terinstal dipindahkan saja ke microSD untuk menghemat ruang penyimpanan internal perangkat.
    Tapi bagi handphone yang tidak mendukung, tak usah lakukan apapun agar dapat memindahkan aplikasi ke microSD karena tak baik bilamana kamu harus memodifikasi sistem Android secara ilegal.

  • 3
  • Hapus uninstalled file yang masih tersisa
    Katanya, beberapa aplikasi yang telah diuninstall masih akan menyisakan jejak berupa file mentah seperti misalnya kamu dapat kiriman file game Mobile Legend .apk dari transfer Bluetooth atau Share It yang secara otomatis file mentah ini akan tetap tinggal di folder penyimpanan perangkat walaupun tidak diinstal.

    'Dalam penjelasan sederhana yaitu kita harus menghapus file yang tidak terpakai'

    (Jika ada penjelasan sederhana, kenapa harus berbelit-belit?)
    Tak tahu lah, bukan alezof yang bilang. Alezof hanya mengutip artikel dari blog lain yang kurang lebih seperti itu.


  • 4
  • Kembalikan handphone ke pengaturan pabrik
    Wipe data akan mengembalikan pengaturan handphone kamu ke setelan awal atau setelan pabrik yang tentu saja hal ini akan menghapus seluruh data, aplikasi dan file yang telah kamu tambahkan baik itu foto ataupun video.
    Maka dari itu sebelum melakukan wipe data atau reset handphone ke setelan pabrik, baiknya kamu backup terlebih dahulu semua data-data yang kamu anggap penting termasuk mungkin video terlarang kamu punya.

Alright, itulah tadi cara memperbaiki handphone Android yang selalu memunculkan pesan ruang penyimpanan hampir penuh versi on the 7 (tujuh) blogger lain.
Kenapa versi blogger lain?
Itu karena versi alezof beda lagi, masalah ruang penyimpanan hampir penuh daripada handphone Evercoss A74E Winner T+ Compo yang alezof perbaiki tidak serta merta dapat diselesaikan dengan solusi diatas karena gejala, indikasi dan juga akibat yang ditimbulkan tidaklah sesederhana itu.

Gejala yang terjadi
  • 1
  • Selalu muncul pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh
  • 2
  • Tidak ada satupun aplikasi yang terbaca di daftar aplikasi termasuk Google Play Service
  • 3
  • Memori internal dan eksternal microSD terbaca normal dan akurat
  • 4
  • Sistem memakan banyak RAM
  • 5
  • Store yang dapat dibuka hanya Everstore

Akibat yang ditimbulkan
  • 1
  • Tidak dapat menginstal aplikasi apapun
  • 2
  • Saat membuka Play Store muncul pesan aplikasi tidak terpasang
  • 3
  • Tidak terhubung ke layanan Google seperti Mail Google dan Akun Google

Keganjilan yang terlihat
  • 1
  • Terdapat aplikasi Kingroot
  • 2
  • Didalam file manager terdapat folder Kingroot dan CWM

Setelah mempelajari dengan seksama mengenai apa itu Kingroot maka alezof yakin bahwa penyebab masalah tersebut yaitu karena handphone Evercoss A74E Winner T+ Compo yang bersangkutan telah diroot menggunakan Kingroot sehingga menyebabkan sistem Android menjadi corrupt.

Lalu alezof mencoba menguninstall aplikasi Kingroot dan mendapatkan handphone reboot secara otomatis, setelah handphone selesai booting dan masuk menu seperti biasanya lalu muncullah sebuah pesan email dari Google yang memberitahukan tentang pengoptimalan perangkat.
Kemudian alezof mencoba menginstal WhatsApp dan berhasil, pun sama halnya dengan Facebook Messenger dan Telegram semua berjalan dengan normal seperti pada handphone Android pada umumnya bahkan Play Store pun dapat dibuka dengan lancar jaya mulus rahayu dan ketika melihat tab pemberitahuan di tray, disana tidak lagi muncul pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh dan uuh senangnya.

Kamu boleh coba cara alezof apabila handphone Android kamu selalu memunculkan pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh sehingga tak dapat menginstal aplikasi dan juga menyebabkan beberapa fitur handphone terganggu.

Caranya bagaimana, alezof?
Ya itu tadi, dengan mendeteksi apakah handphone kamu telah diroot atau tidak? Jika iya maka cobalah untuk mengunroot handphone terlebih dahulu lalu reboot handphone, apabila masih saja terjadi maka kamu boleh coba cara-cara pengoptimalan handphone Android dengan membersihkan ruang penyimpanan perangkat Android dan bila masih terjadi maka lakukan cara terakhir dengan melakukan flashing.

Untuk unroot handphone yang diroot menggunakan Kingroot maka kamu cukup uninstall aplikasi Kingroot dari menu pengaturan yang tersedia didalam aplikasi Kingroot, ikuti saja petunjuknya lalu handphone akan reboot dan kondisi handphone pun akan menjadi handphone Android normal sama seperti teman-teman Android lainnya.
Dengan menguninstall aplikasi Kingroot maka secara otomatis status root akan berubah menjadi unroot, setidaknya begitulah yang dikatakan oleh aplikasi tersebut.

Dengan melakukan unroot maka handphone kamu akan kembali normal tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah terinstal, tapi jangan lupa untuk selalu mengecek ketersediaan ruang bebas memori telepon kamu karena akan lebih baik jika ruang bebas penyimpanan perangkat baik itu penyimpanan internal telepon maupun RAM tersisa sebanyak 50% dan minimal 30% dari kapasitas total ruang penyimpanan perangkat.

Catatan alezof :
Hati-hati dalam melakukan root handphone Android karena root sembarangan akan merusak sistem handphone dan memudahkan virus malware berkembang biak di handphone Android dan jika dibiarkan maka lama kelamaan sistem yang corrupt dapat merusak EMMC.
Akan lebih baik pahami dulu mengenai apa itu sistem operasi, root, modifikasi sistem dan juga cara penanganan error yang disebabkan oleh proses modifikasi.

Semoga bermanfaat

©2018 aLezof