Menghindari iklan yang menutupi halaman browser BlackBerry 10

Menghindari iklan yang menutupi halaman browser BlackBerry 10
Alright kita kembali lagi pada artikel seputar BlackBerry 10 (hari gini masih pakai BlackBerry? Why not?).
Let's talk about what more can BlackBerry Z10 do, disini alezof membagikan trik khusus untuk BlackBerry Z10 yang mungkin berlaku juga untuk BlackBerry 10 model lainnya.
And there, pernahkah kamu mendapati sebuah iklan full banner yang menghalangi pandangan saat membuka sebuah situs atau blog yang kamu kunjungi? Sering? Oh My God.. you're lucky, karena BlackBerry Z10 dapat mengatasi hal tersebut.

The Story

Waktu itu alezof sedang mencari sebuah topik berita di internet menggunakan native browser BlackBerry 10 pada perangkat BlackBerry Z10 dan bertemulah dengan sebuah situs berita yang namanya cukup populer.

Ketika pada proses rendering halaman semua terlihat baik-baik saja, akan tetapi pada saat rendering hampir selesai sekitar 10% lagi maka tiba-tiba muncul iklan full banner atau pop up ads atau apapun itu yang jelas iklan dari sebuah perusahaan mobil muncul menutupi seluruh halaman situs yang akhirnya artikel yang dituju tidak dapat dibaca.
Walaupun disana terdapat tombol close akan tetapi sepertinya tidak berfungsi dan pengunjung harus mengklik banner tersebut yang menuju ke sumber iklan dan terkadang pada sebagian situs, banner iklan tersebut tidak mau menghilang walaupun kita sudah mengklik di hampir semua area (sangat mengganggu bukan? Betul).

Solution

Okay.. cara simple yang tak repot adalah tinggalkan saja situs tersebut karena masih banyak situs lain yang menyediakan berita dengan informasi yang sama hanya gaya penulisan saja yang berbeda.
And the problem is jika situs tersebut adalah satu-satunya yang menyediakan informasi yang kamu cari dan kamu sedang malas mencari situs lain dan apapun menurut alasan kamu sendiri maka ikuti saja cara alezof.

-

Cara menghindari iklan yang menutupi browser


All images captured from my BlackBerry Z10

  • 1
  • Buka situs yang dimaksud
    Well bagi kamu yang sudah berpengalaman atau mungkin istilah lainnya yaitu sudah malang melintang di dunia browsing ataupun sebagai pembaca berita online langganan maka kamu pasti sudah tahu situs mana saja yang selalu menampilkan iklan banner (segede gaban) yang menutupi seluruh layar handphone.
    Iklan Full Banner

    Kamu coba buka saja situs tersebut lalu tunggu dengan santai hingga proses rendering halaman selesai, beruntung jika kamu mendapati situs tersebut tak menampilkan iklan yang mengganggu.
    Tapi jika iklan bandel itu muncul maka you must follow the next step below.

  • 2
  • Aktifkan mode Pembaca
    Bagi yang belum tahu ataupun yang masih awam dengan BlackBerry Z10, ini dia fitur rahasia terbaik yang akan dibenci oleh para pengiklan jahil bilamana mereka tahu (hehe, apa sih ah?).
    Browser Option

    Setelah kamu masuk situs yang dituju dan proses loading halaman selesai lalu kamu mendapati layar BlackBerry Z10 kamu ditutupi iklan, maka kamu klik pilihan yang berada dibawah sebelah kanan native browser perangkat BlackBerry 10 kamu, disana terdapat banyak pilihan fitur dan yang kamu harus pilih adalah Pembaca seperti yang ditunjukkan pada gambar (keliatan kan keliatan? keliatan dong ah).

  • 1
  • Membaca artikel pada mode Pembaca
    Yeayy.. amazing, (berhasilkah kamu?) sekarang kamu dapat membaca artikel dengan tanpa terganggu iklan banner yang besarnya (segede walabdolin) menutupi seluruh halaman browser handphone dan juga tentunya tanpa membuang banyak waktu kamu yang mana sebelumnya kamu harus klik iklan terlebih dahulu, dan bilamana iklan tersebut membuka dirinya di tab baru maka kamu harus menutup tab tersebut dan juga Mandy Moore (many more) lah.
    Tampilan Artikel Dalam Mode Pembaca

    But hey.. jika tak berhasil, itu pertanda bahwa kamu sedang tidak beruntung (haa, kidding lah juragan) itu berarti merupakan salah satu situs yang tak dapat di baca melalui mode pembaca (tak apa lah yah) so if that, then you must read the explanation below okay.
    (Don't go anywhere dulu, artikelnya belom selesai)

Kekurangan mode pembaca

Maka daripada itu, fitur mode pembaca yang terdapat pada native browser BlackBerry Z10 sangatlah bermanfaat jika kita hanya sekedar ingin membaca artikel tanpa kehilangan gambar yang terdapat dalam artikel tersebut, walaupun ada beberapa gambar yang tidak bisa ditampilkan diantaranya yaitu gambar dewasa (haha, bukan lah) beberapa gambar yang telah dimodifikasi oleh pemilik situs atau blog.

Untuk kekurangan lainnya dari mode pembaca ini yaitu tidak semua situs dapat dilihat dalam mode pembaca ini (kenapa?) untuk alasan ini alezof pun belum mengetahuinya karena ini mungkin disebabkan oleh script-script yang terdapat dalam situs ataupun blog yang bersangkutan tidak dapat dieksekusi oleh mode pembaca browser BlackBerry 10.

Seperti pengalaman alezof yang saat itu mencoba membaca artikel dari sebuah blog dengan subdomain blogspot.com, saat mengaktifkan mode pembaca ternyata tidak bisa. Akan tetapi itu hanya beberapa blog saja, sedangkan blog yang dapat dibaca menggunakan mode pembaca sangatlah banyak.

Kelebihan mode pembaca

Berbicara mengenai kelebihannya tentu saja banyak dan yang paling utama adalah mampu menghindar dari gangguan iklan, bukan menghilangkan iklan tapi menghindar dari gangguan iklan.
Bilamana kamu menggunakan mode pembaca maka ketika kamu membaca artikel, kamu tidak akan terganggu iklan pop under, pop up, full banner, yang muncul tiba-tiba dalam beberapa detik yang memunculkan tab baru di halaman artikel yang sedang kamu baca sehingga halaman yang sedang kamu lihat menghilang atau jika tidak halaman yang sedang kamu lihat akan bersembunyi dibalik halaman baru yang muncul membawa iklan (gak sopan kan? Orang lagi serius baca juga).
Maka ketika kamu sedang berada dalam mode pembaca dan walaupun terdapat iklan pop, iklan tersebut akan muncul dibelakang halaman mode pembaca tanpa menggangu aktivitas membaca kamu (lempeng ajah).

Selain menghindari gangguan iklan juga dapat membaca artikel yang warna tulisannya tidak jelas karena hampir menyatu dengan background halaman.

Contoh :

  • -
  • Halaman posting dengan background warna hitam memiliki tulisan berwarna ungu (masa sih segitu amat?) eehh belum tahu kamu ya, ada blog macam itu pun.

  • -
  • Biasanya pada blog tutorial web design, penulis membedakan warna antara tutorial dengan kode dan yang menjadi masalah adalah jika background halaman berwarna putih dan tutorial berwarna hitam sedangkan kode berwarna kuning tentu saja kode tersebut tidaklah dapat dibaca dengan jelas maka dari itu solusinya adalah mode pembaca.

    Dengan mode pembaca ini semua background halaman akan berwarna putih dan semua tulisan akan berwarna hitam tanpa terkecuali satu situs pun.

Kesimpulan

Pada dasarnya memang banyak cara supaya aktivitas membaca artikel online pada browser handphone tidak terganggu iklan, akan tetapi menurut alezof sendiri mode pembaca pada BlackBerry 10 adalah yang paling simple dan efisien tanpa membuang banyak waktu dan menambah aktivitas lain.
Untuk perangkat selain BlackBerry 10 yaitu Android, mode pembaca bisa didapatkan melalui fitur mode pembaca di browser Mozilla Firefox versi terbaru dan untuk perangkat komputer pun sama yaitu pada browser Mozilla Firefox versi baru dan juga pada Yandex browser versi baru.

And finally alezof hanya ingin memberitahukan bahwa artikel ini hanya membahas mengenai cara dan solusi menghindari iklan full banner ataupun iklan pop yang menutupi seluruh layar browser handphone khususnya pada perangkat BlackBerry 10 yang mana iklan tersebut telah menggangu aktivitas kita saat membaca artikel di sebuah situs.

Dan alezof tidak bermaksud supaya para pembaca membenci iklan karena pada dasarnya iklan itu juga sangat penting sebagai media informasi, tapi sekali lagi perlu digaris bawahi tentang kata menggangu dan terganggu.

Semoga dapat dipahami oleh para pembaca yang budiman dan bijaksana.

©2017 aLezof