Opera Mini dan UC Browser BlackBerry Z10

Opera Mini dan UC Browser BlackBerry Z10
Opera Mini mendukung semua perangkat seluler, tapi pada kenyataannya pengembang Opera tidak mengembangkan aplikasi Opera Mini untuk perangkat BlackBerry 10 dan hal ini terbukti dengan tidak tersedianya aplikasi Opera Browser di BlackBerry World.


Kronologi

Untuk kamu para pengguna BlackBerry Z10, pasti akan merasa bingung mengenai aplikasi Android .apk apa yang kompatibel dengan perangkat BlackBerry 10 kamu karena hal ini dialami pula oleh alezof yang juga menggunakan perangkat BlackBerry 10 yaitu BlackBerry Z10, dalam promosi produknya BlackBerry menyatakan bahwa sistem operasi BlackBerry 10 memiliki kelebihan yaitu bisa menginstal dan menjalankan aplikasi berekstensi .apk berbasis Android 4.2 Jelly Bean.
Tapi pada kenyataannya banyak pengguna mengeluh karena perangkat BlackBerry 10 mereka ternyata tidak bisa menginstal aplikasi berekstensi .apk, bahkan untuk masuk ke Google Play Store pun harus lewat browser dan tidak ada aplikasi Google Play Store yang tertanam pada perangkat.

Beberapa ahli dan juga blogger banyak sekali yang menyarankan untuk upgrade OS BlackBerry 10 dari 10.2 menuju ke 10.3, walaupun langkah tersebut telah ditempuh tapi masih saja banyak pengguna yang kesulitan menginstal dan menjalankan aplikasi .apk Android.
Dan yang paling disayangkan adalah handphone BlackBerry Z10 ini ternyata tidak dapat menginstal beberapa browser favorit diantaranya yaitu Opera Mini dan UC Browser, karena aplikasi browser tersebut tidak tersedia di BlackBerry World walaupun disana terdapat item aplikasi Opera Mini akan tetapi tidak dapat didownload dengan keterangan yang megatakan bahwa "aplikasi ini belum tersedia di perangkat anda".

The Solution

-

Cara menginstal Opera Mini dan UC Browser di perangkat BlackBerry 10


Here we go, alezof akan berbagi solusi supaya kamu dapat menginstal dan menjalankan aplikasi Opera Mini dan UC Browser di perangkat BlackBerry 10 khususnya BlackBerry Z10 yang mana trik ini juga berlaku untuk perangkat BlackBerry 10 model lainnya seperti BlackBerry Z3, BlackBerry Z30 ataupun BlackBerry Q10, Classic dan kawan-kawannya.

  • -
  • Pertama, pastikan perangkat yang kamu miliki adalah perangkat BlackBerry 10 karena tutorial ini adalah untuk BlackBerry dengan OS BlackBerry 10 dan bukan BlackBerry 7 atau sebelumnya, dan alezof sudah berhasil praktekan dengan lancar dan sukses pada ponsel BlackBerry Z10 STL100-1 London.

  • -
  • Selanjutnya, perangkat BlackBerry Z10 kamu harus memiliki OS BlackBerry 10 minimal versi 10.3.1.1565 dan alezof yakin pasti semua produk BlackBerry 10 sudah memiliki OS versi ini karena akan selalu ada pembaruan OS secara online dan perangkat pun dapat secara otomatis mendownload dan menginstal OS terbaru tersebut.

  • -
  • Setelah itu kamu harus memiliki aplikasi store bernama Amazon App Store, jika kamu belum punya maka kamu bisa mengunduhnya di BlackBerry World.
    (alezof menggunakan Amazon.apk bukan Amazon.m.shop.apk)

  • -
  • Kamu juga bisa mendownload Opera Mini dan UC Browser melalui aplikasi Google Play Store dengan menginstalnya terlebih dahulu menggunakan bantuan BlackBerry Google ID Cobalt yang caranya boleh kamu lihat di postingan ini : Cara menginstal Google Play Store di perangkat BlackBerry 10.

Disinilah problem dan solusi permasalahan kompatibilitas antara aplikasi dengan perangkat.

Karena BlackBerry 10 bukanlah Android dan begitupun sebaliknya, maka tidak semua aplikasi Android berekstensi .apk bisa diinstal dan dijalankan di perangkat ini dan kesimpulan alezof adalah seluruh aplikasi yang disediakan di BlackBerry World tidak seluruhnya kompatibel dengan BlackBerry 10 dengan kata lain bahwa konten yang ada di BlackBerry World belum teruji bisa berjalan di BlackBerry 10, ini membuktikan bahwa terdapat banyak aplikasi di BlackBerry World yang sebelumnya telah ada di Google Play Store dan tidak melalui proses konversi untuk bisa kompatibel dengan perangkat lain seperti BlackBerry Z10 maka dari itu pihak BlackBerry pun memberikan alternatif lain yaitu Amazon App Store.

Okay, dibawah ini alezof akan bagi tahu cara menginstal Opera Mini dan UC Browser di perangkat BlackBerry 10 tanpa Google Play Store.

    Amazon App Store


    Aplikasi bernama Amazon App Store ini berfungsi untuk menginstal aplikasi Android yang benar-benar kompatibel dan dapat dijalankan pada perangkat BlackBerry Z10, dan ketika alezof mencobanya ternyata memang bisa 100% lancar.
    Amazon App Store

    Silakan kamu buka aplikasi Amazon App Store dan kamu harus membuat akun di Amazon App Store, karena untuk mendownload dan menjalankan UC Browser dibutuhkan akun Amazon, jika kamu tidak memiliki akun Amazon maka UC Browser tidak akan dapat dijalankan dengan keterangan "anda harus memiliki akun Amazon".
    Kemudian cari aplikasi Opera Mini atau UC Browser, setelah kamu temukan maka kamu tinggal buka lalu pasang maka pengunduhan pun segera berjalan, kemudian ikuti saja langkah berikutnya yang tidak perlu dijelaskan karena memang sangat mudah.

    • -
    • Untuk UC Browser ada beberapa pilihan, alezof sarankan pilih UC Browser HD, karena ini sudah terbukti berjalan lancar pada BlackBerry Z10.

    • -
    • Untuk Opera Mini, jika tidak dapat berjalan dengan baik maka alezof menyarankan untuk menginstal Opera Mini versi 7, karena Opera Mini versi 7 berjalan dengan baik di perangkat BlackBerry Z10.
    Special buat kamu

    Alezof menyediakan link download Opera Mini 7 untuk kamu yang kesulitan mencari aplikasi ini.
    You know why?
    Karena aplikasi Opera Mini 7 ini adalah versi 7.6.4 berekstensi .apk dan sudah teruji bisa berjalan dengan baik pada perangkat BlackBerry Z10 dan sampai saat ini masih sering alezof gunakan untuk kegiatan browsing.


    Tampilan Opera Mini 7.6.4 dan UC Browser HD di perangkat BlackBerry Z10
    Opera dan UC
    Home Opera Mini
    Bookmark Opera Mini
    UC Browser HD
Kesimpulan

Menurut alezof kehadiran dua browser andalan ini di perangkat mobile sangatlah penting yang mana keduanya mampu menggantikan peran native browser yang bersahaja.
You know lah di perangkat manapun pastilah browser native itu terkendala oleh beberapa faktor yaitu selain karena mesin browser standar pabrikan seperti webkit dan moz juga terkendala oleh regulasi provider seluler setempat, dan hal ini menyulitkan native browser dalam membuka situs yang terkena block IP.
Selain itu, masing-masing dari kedua browser ini memiliki kelebihan yang berbeda yang mana pada browser yang satunya memiliki kelebihan sebagai kompresor javascript sehingga mampu menghilangkan iklan yang mengganggu karena biasanya iklan yang tertanam pada sebuah situs itu mengandung ataupun telah dimodifikasi oleh javascript.
Sedangkan browser yang satunya lagi memiliki keunggulan dalam hal kecepatan download.
Jadi sangatlah disayangkan seandainya browser-browser lawas ini punah dan tidak didukung oleh para pengembang web, karena pun para perusahaan dari browser yang ada saat ini lebih memilih mengembangkan browser modern dengan alasan bahwa browser lawas sudah jarang ada yang menggunakan dan selain itu juga dikarenakan keharusan dari beberapa web aplikasi sosial media dan web e-commerce modern.

©2017 aLezof